Categories
Berita

3 Tips Mengatasi Gigitan Tomcat

Kulit menjadi melepuh dan bernanah akibat gigitan tomcat, simak tips penting pengobatan gigitan tomcat berikut ini, lalu apa sajakah itu?

Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai daun yang kaya akan anti-bakteri dan anti-oksidan bisa dimanfaatkan untuk mengobati gigitan tomcat, tumbuk atau haluskan daun sirih yang masih segar, campurna dengan minyak zaiun atau jika tidak ada abisa dicampurkan dengan minyak kayu putih.

Oleskan ke bagian kulit bekas gigitan tomcat. Diamkan hingga mengering, dan ulangi hingga beberapa kali supaya gigitan tomcat benar-benar sembuh.

Menggunakan Salep

Belilah salep khusus untuk mengobati gigitan serangga dari toko obat terdekat. Oleskan hinga 3-4 kali sehari untuk memaksimalkan pengobatan.

Tidak Menggosok Luka Gigitan Tomcat

Sangat disarankan untuk tidak menggosok atau mneggaruk bagian kulit gigitan tomcat, karena akan memperparah luka dan biasanya akan membuat kulit semakin nyeri dan melepuh dan paling fatalnya kulit akan bernanah.

Dan setelah sembuh bekasnya menghitam. Gigitannya mungkin akan terasa nyeri dan gatal tetapi jangan menggaruknya.

Pengobatan pertama untuk gigitan tomcat, jika anda berada didaerah wisata yang jauh dari pemukiman penduduk, misalnya anda sedang mendaki gunung, atau anda sedang disawah, dan terkena gigitan tomcat, mungkin yang biasa tersedia adalah garam.

Anda bisa menggunakan garam sebagai pengobatan pertama, sebelum kulit anda memerah atau melepuh segera siram kulit anda yang terkena gigitan tomcat dengan air bersih, jangan dikeringkan tetapi ditabur dengan garam, supaya garam bisa larut dan membunuh racun tomcat.

Atau bisa juga dengan cara panaskan air, kemudian larutkan garam kedalam air yang sudah dipanaskan dan kompres gigitan tomcat dengan kain bersih yang sudah dibahasih dengan air larutan garam yang masih hangat.

Untuk menghindari gigitan tomcat, usahakan menggunakan pakaian yang tertutup saat anda berada di tempat yang biasa ditinggali tomcat.

Sekian untuk tips penting pengobatan gigitan tomcat dan sekali lagi jangan panik jika digigit tomcat dan jika setelah melakukan pengobatan awal ada efek samping akibat gigitan tomcat maka segera berobat ke dokter secepat mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.