Categories
Berita

Minuman Pelancar Haid Dengan Bahan Alami

Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim yang disertai keluarnya darah melalui vagina karena tidak terjadinya pembuahan.

Wanita biasanya mengalami haid selama 5-7 hari. Siklus haid yang lancar terjadi setiap 28-36 hari, dimana tiap wanita mengalami siklus yang berbeda-beda. Haid dikatakan tidak lancar apabila terjadi beberapa kondisi berikut,

•Siklus atau masa haid berubah ubah
•Lamanya haid berubah ubah setiap bulannya
•Volume darah yang keluar tidak stabil

Penyebab Haid Tidak Lancar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita mengalami haid yang tidak lancar, diantaranya adalah karena lelah psikis/stress, pra monopause, penggunaan alat kontrasepsi, maupun pola hidup sehari hari yang tidak sehat.

Minuman Yang Membantu Melancarkan Haid

Nah, agar haid lancar dan tidak mengalami gangguan, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi beberapa minuman pelancar haid berikut ini :

1.Biji wijen

Meski ukurannya kecil, tetapi wijen memiliki manfaat yang besar. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam biji wijen dapat membantu tubuh memproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen merupakan hormon yang berperan dalam menstruasi. Kalau produksi hormon estrogen rendah, peluruhan tidak akan terjadi dan menstruasi sulit terjadi sehingga wanita mengalami kekeringan pada vagina.

Untuk membuat biji wijen sebagai minuman pelancar haid, anda tinggal menumbuk biji wijen hingga menjadi serbuk, kemudian dicampur dengan air hangat.

2.Wedang Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang populer dan sangat bermanfaat mengobati nyeri haid dan memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Mengkonsumsi jahe bisa meningkatkan peredaran darah. Dengan aliran dan sirkulasi darah yang lancar, akan menghindarkan kita dari nyeri otot atau kram saat haid, sehingga haid menjadi lancar. Jahe juga mengandung zat anti peradangan pada ovarium, sehingga meredakan nyeri saat terjadi haid.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, disarankan minum air jahe secara rutin dua kali sehari. Cara membuat air jahe sebagai minuman pelancar haid sangat mudah. Pertama-tama siapkan jahe yang sudah dibersihkan lalu parut jahe tersebut. Lalu masukkan parutan jahe ke dalam segelas air matang. Kemudian didihkan air dan jahe hingga mendidih sempurna dan saring air jahe tersebut. Untuk mendapat rasa yang lebih segar, kita bisa menambahkan madu atau gula merah.

3.Kunyit

Kunyit merupakan sumber estrogen bagi wanita, sehingga akan membantu untuk melancarkan haid. Kunyit juga dipercaya memiliki fungsi anti inflamasi atau anti peradangan yang mengurangi rasa nyeri saat haid. Untuk membuat minuman pelancar haid, anda bisa merebus bubuk kunyit dan segelas air hingga mendidih, lalu saring dan minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.