Categories
Berita

Ramuan Jamu Lainnya

Selain jamu bersalin yang banyak terdapat di pasaran, ada beberapa ramuan tradisional lain yang dipercaya ikut membantu mengembalikan kondisi Mama pascamelahirkan. ‘ PARAM Ramuan yang biasa dipakai untuk mengurangi rasa pegal pada otot-otot tangan dan kaki, juga untuk mengurangi bengkak. Hindari daerah payudara dengan perut, karena pada daerah ini sebagian besar jaringannya lemah. Ramuan param yang baik adalah yang tidak terlalu pekat agar tidak membakar kulit.

“ Program beasiswa S1 Jerman Full gratis “ upstory

Param juga bisa digunakan untuk pijat. Param pijat biasanya mengandung jahe, kencur, klabet, dan sereh. Pemijatan difokuskan pada telapak kaki sampai betis, bertujuan melemaskan otot-otot yang tegang, memperbaiki peredaran darah, mencegah pelebaran pembuluh darah (varises), dan menghilangkan rasa letih. Perawatan dilaksanakan dua kali sehari dan dipakai sampai 40 hari sehabis melahirkan. ‘

PILIS Ramuan yang bentuknya menyerupai param ini dipakai di kening, tepatnya di atas alis kiri dan kanan. Bahan bakunya terdiri atas kencur, kunir, temu luthi, serta minyak zaitun dan madu. Fungsi ramuan ini untuk melancarkan peredaran darah ke bagian kepala dan menajamkan indra penglihatan. ‘

TAPEL Tapel adalah ramuan dengan bentuk kepingan yang kering terbuat dari tepung beras, kencur, klabet, adas, bangle, pulosari, kayu manis, dan jahe. Ramuan ini dipercaya mampu mengecilkan perut usai melahirkan, juga berfungsi menghangatkan perut dan membantu menghilangkan lemak. Sebelum digunakan, tapel dicairkan lebih dahulu dengan kapur sirih dan air jeruk nipis, lalu dioleskan di atas perut, setelah itu ditutup dengan penggunaan angkin atau stagen.

Tapel bisa dipakai pada Mama yang melahirkan normal. Untuk Mama yang melahirkan dengan cara sesar, harus bertanya dahulu ke dokter, termasuk mengenai penggunaan stagen. Jika diizinkan oleh dokter, maka sebaiknya pemakaian bengkung dimulai pada bagian bawah luka bekas operasi (setinggi panggul) hingga sedikit pada atas pusar. Jangan terlalu tinggi, mengingat ada organ lambung dan paru-paru.

Luka operasi yang tertekan bengkung, efeknya sama dengan tulang patah yang digips, luka jadi cepat rapat. Bagi Mama yang bersalin normal, penggunaan stagen berguna untuk membatasi gerak sehingga diharapkan luka-luka yang mungkin timbul pascapersalinan, menjadi lebih cepat pulih. Di malam hari, sebaiknya Mama meOepas stagen karena kulit perlu bernapas. Untuk hasil yang optimal, stagen dipakai sampai tiga bulan pascapersalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *