Categories
Parenting

Cara Asyik Mengganti Popok Bayi

Kalau enggak kakinya menendang-nendang, si kecil yang sudah 9 bulan akan merangkak ke sana kemari. Jadilah Mama susah mengganti popoknya. Padahal, ada cara asyik lo, Ma, biar popoknya bisa segera diganti. Siapa yang tidak setuju, mengganti popok akan lebih mudah pada waktu bayi sedang tenang.

tempat kursus bahasa Jerman di Jakarta Selatan terbaik “ sat-jakarta.com

Tapi tidak mungkin akan selalu menunggu si kecil menjadi tenang dulu, karena popoknya akan penuh dengan pipis atau pup-nya. Sebenarnya terdapat beberapa cara mudah ketika mengganti popok seperti yang disarankan oleh seorang perawat senior Marlyn Wembhaster, di bangsal bayi dan anak dari Joseph Brant Memorial Hospital di Ontario, Kanada.

Menurut Marlyn, pengalihan perhatian bisa sangat berguna sewaktu Mama harus mengganti popok si kecil. Jadi, gunakanlah beberapa cara yang asyik sewaktu mengganti popok supaya bayi dapat tetap tenang (paling tidak hingga kita selesai dalam mengerjakan kegiatan). Oh ya, sebelum melakukan semua yang di sarankan, selalu siapkan dulu popok bersih, krim popok, dan tisu basah dalam jangkauan Mama. Berikut saran-sarannya:

Ajak Si Kecil Bergerak

Ketika si kecil sudah bisa untuk merangkak, biasanya ketika ia telah berumur antara sembilan dan dua belas bulan, beberapa menit yang dibutuhkan untuk mengganti popoknya akan terasa seperti selamanya. Jadi ajaklah ia melakukan sebuah permainan “ganti popok” yang bisa membuatnya tetap sibuk sewaktu kita mengerjakan tugas. Mengajaknya melakukan sejumlah pose yoga, misalnya, seperti menaikkan lututnya ke dada lalu secara perlahan menggerakkannya ke sisi samping, atau dengan lembut menarik lengannya ke sisi samping melewati tubuhnya.

Semua itu dapat Mama lakukan sambil menceritakan kepadanya apa yang sedang Mama kerjakan. Setelah popok bersih sudah dipakai, ajak si kecil untuk melakukan berbagai gerakan senam. Sepuluh detik menggerakkan kakinya, layaknya orang mengayuh sepeda atau menendang-nendang, pasti akan membuatnya kembali dinamis dan siap untuk merangkak lagi.

Melihat Foto-Foto

Di saat senggang, Mama dapat menjadi seniman kolase dengan cara memasang aneka gambar yang menarik, terutama foto keluarga, pada beberapa lembar kertas karton. Selain jiwa seni Mama bisa tersalurkan, ternyata kolase ini bisa bermanfaat saat Mama mengganti popok si kecil. Lo, kok bisa? Ya, Mama bisa memajang kolase gambar di dinding di samping meja ganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *