Categories
Pendidikan

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Mudah Dimengerti

Untuk kamu yang masih pemula tentu ingin tahu cara belajar bahasa Inggris dengan cara cepat dan mudah dimengerti, namun kunci utama dalam belajar bahasa Inggris adalah ketekunan, terlebih karena masih harus belajar bahasa Inggris dari dasar.

Dan untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dimengerti,seperti dikutip dari website pendidikan EB.

  1. Sediakan Media Belajar

Anda pastinya tidak akan bisa belajar tanpa buku maupun kamus bahasa Inggris, untuk itu sediakan buku bahasa Inggris dasar dan juga kamus bahasa Inggris. Atau bisa Anda download di play store.

  1. Belajar Bahasa Inggris Dasar

Materi bahasa Inggris paling dasar adalah belajar pengenalan huruf dan cara membacanya dalam bahasa Inggris, kemudia kosa kata.

Hafal kosakata minimal 10 kata perhari, dan harus konsisten setiap harinya, untuk itu buat catatan dan tambahi 10 kosakata baru beserta terjemahannya setiap harinya pada catatan Anda.

Kemudian buat kalimat-kalimat sederhana, yang mungkin hanya terdiri dari dua tiga kata dalam setiap kalimat. Selain Anda belajar tatanan kalimat, kosakata Anda juga akan semakin meningkat.

  1. Rajin Membuka Kamus

Saat Anda merasa bosan, cobalah membuka kamu Anda, walau hanya sekedar membaca kata-kata yang ada dikamus, akan sangat membantu Anda, karena pasti ada satu dua kosakata yang akan Anda pahami.

Jadi sediakan kamus kecil atau kamus yang Anda dowload di ponsel Anda, sehingga kapanpun dan dimanapun Anda bisa membuka dan membaca kamus tersebut.

  1. Hafal Kalimat

Belajar berbicara dalam bahasa Inggris paling utama adalah kosakata namun dengan menghafal kalimat-kalimat yang Anda buat sendiri juga sangat membantu proses belajar, karena Anda akan sangat terbiasa mengingat kosakata dan kalimat-kalimat baru yang Anda bentuk sendiri.

  1. Menulis

Cobalah membuat tulisan dalam bahasa Inggris, baik itu kata-kata bijak, cerita, atau pengalaman Anda.

Jangan terlalu memikirkan salah dan benarnya hasil tulisan Anda tetapi kemauan Anda untuk mencoba menulis dalam bahasa Inggris akan sangar membantu Anda dalam belajar.

  1. Berbicara di Depan Cermin

Anda mungkin sangat tidak percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris didepan umum. Namun hal seperti itu harus Anda hilangkan dari diri Anda. Mulai latih kepercayaan diri Anda berbicara didepan umum.

Caranya dengan berbicara sendiri didepan cermin, lihat wajah Anda pada cermin dan mulailah berbicara dalam bahasa Inggris, jika dibutuhkan selalu ulangi cara tersebut hingga Anda merasa biasa saja berbcara dalam bahasa Inggris walau masih banyak ditemukan kesalahan.

  1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Coba cari jenis lagu dan penyanyi yang Anda suka, kemudian dowloan lagu tersebut dan dengarkan, cobalah menulis apa lirik lagu tersebut dari apa yang dengarkan, bisa diulang-ulang sampai Anda bisa menulis lirik secara lengkap.

Terjemahkan lirik tersebut sehingga Anda terbiasa dalam speaking dan menyimak supaya bisa mengartikan dengan baik. Perbanyak koleksi lagu-lagu bahas Inggris Anda sebagai hiburan sekaligus belajar.

  1. Jadikan Kebiasaan

Kita lahi dan diajarkan bahasa indonesia, hingga bahasa indonesia menjadi bahasa yang kita biasakan dan menjadi bahasa ibu. Demikian juga saat Anda belajar bahasa Inggris, jadikanlah bahasa tersebut sebagai kebiasaan.

Dari hal kecil, misalnya menyapa teman Anda, chit chat dengan teman Anda di sosial media, atau berteman dengan orang yang bisa berbahasa Inggris, karena Anda bisa semakin mantap dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

  1. Selalu Berlatih

Jangan terlalu cepat merasa puas, tetapi tetap melatih dan menambahkan kosakata baru setiap harinya. Dan paling penting gunakan bahasa Inggris yang telah Anda pelajari, supaya semakin maksimal.

Sekian untuk artikel cara belajar bahasa Inggris cepat dan mudah dimengerti, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *