Categories
Uncategorized

Apakah Bisa Mengatasi Batuk dengan Cara Alami?

Tidak takut dengan efek samping dari obat-obatan yang dibeli sembarangan? maka berikut ini adalah cara menatasi batuk berdahak dengan obat herbal ini lebih baik.

Daun belimbing

Ada banyak macam obat herbal sebagai cara mengatasi batuk berdahak yang ampuh salah satunya adalah daun belimbing. Ada dua macam tanaman belimbing yaitu belimbing wuluh dan belimbing buah.

Untuk mengatasi batuk berdahak Anda bisa menggunakan daun belimbing buah yang dicapur dengan kencur. Keduanya memiliki khasiat menghangatkan tubuh dan mengtasi bakteri dan virus penyebab dahak.

Resep oabt herbal ini adalah menggunakan 100 gram daun belimbung buah yang dicampur dengan kencur yang telah diparut. Tambahkan juga temugiring yang telah diparut sebanyak 5 gram, daun inggu dan 1 buah air perasan jeruk nipis.

Anda perlu merebusnya dengan 2 gelas air dan rebus hingga menjadi 1 gelas air. Saring dan diamnkan hingga hangat. Minum rebusan air ini selama tiga kali sehari, jika Anda ingin rasa manis bisa ditambahkan 1 sendok makan madu.

Kapulaga

Satulagi bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak yaitu kapulaga. Bumbu ini biasa digunakan untuk memasak masakan berempah seperti soto betawi.

Kapulaga adalah bumbu yang berwarna putih dan berbentuk bulat bergelombang seperti neker. Cukup keras namun Anda tidak perlu menumbuknya. Efek panas yang dihasilkan akan melarutkan dahak dan menghilangkan batuk.

Cara pembuatannya dalah ambil satu genggam kapulaga kemudian rebus bersama dengan 3 gelas ai. Rebus hingga air menjadi menyusut sekitar 1 gelas. Minum air selagi hangat. Konsumsi obat herbal ini sebanyak 3 kali sehari.

Daun pare

Selain buah pare yang bisa dikonsumsi, Anda bisa menggunakan daun pare sebagai obat batuk berdahak. Rasanya memang lebih pahit namun bisa mengurangi efek dahak yang ada dalam tubuh.

Menggunakan obat herbal dari daun pare juga akan membuat mencegah penyakit flu yang akan datang. Cara membuatnya pun sangat mudah dan Anda tidak membutuhkan campuran herbal lainnya.

Untuk membuatnya Anda membutuhkan 7 lembar daun pare yang masih segar kemudian tambahkan dua sendok makan air. Tumbuk daun hingga halus dan saring tumbukan daun pare.

Sebelum disaring tambahkan air agar mendapatkan sari yang lebih banyak. Minum ramuan ini dua kali sehari tanpa ditambahkan madu.

Jeruk purut

Selain jeruk nipis, jeruk purut juga memiliki khasiat untuk menghilangkan penyakit batuk berdahak. Cara mengatasi batuk berdahak dengan ramuan jeruk purut adalag mencamurnya dengan telur dan madu.

Selain menghilangkan batuk berdahak, ramuan obat herbal ini akan membantu memulihkan stamina Anda yang telah melemah akibat virus.

Cara pembuatannya adalah dengan menyiapkan 1 buah jeruk purut, peras airnya kemudian tambahkan 1 kining telur jika bisa gunakan telur ayam kampung.

Tambahkan dengan satu sendok madu hutan atau madu hitam. Aduk kemudian minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari. Anda akan merasakan khasiatnya setelah beebrapa hari hingga satu minggu.

Dalam menggunakan obat herbal, Anda tidak akan terkena resiko penyakit ginjal karena banyaknya penggunaan obat-obatan. Jika Anda mengalami batuk berdahak yang parah dan lebih dari satu minggu maka Anda perlu segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter umum atau dokter sepesialis secepatnya.

Semakin Anda cepat berobat maka Anda akan mengetahui apa penyebab dan cara penyembuhan batuk berdahak yang semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *