Categories
Pendidikan

Yuk Mengenal 4 Jenis Bentang Alam Jerman

Bentang alam setiap negara berbeda, dan untuk bentang alam Jerman terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, kaki pegunungan Alpen, Black forest . 

 

Yuk Mengenal 4 Jenis Bentang Alam Jerman

Bentang alam Jerman terdiri dari 4 jenis yaitu dataran tinggi,dataran rendah, kaki gunung alpen dan black forest.

Untuk selengkapnya bisa anda simak pada 4 jenis bentang alam Jerman berikut ini, seperti yang dikutip dari sumber web Studiva :

1. Dataran Tinggi  

Dataran rendah Jerman Utara mencapai dari Laut Utara dan Laut Baltik ke tengah Jerman. Luas utara-selatan  ini meningkat pesat dari barat ke timur.

Di bagian Laut Utara milik Jerman adalah Kepulauan Frisia Timur, Heligoland serta sebagian besar Kepulauan Frisia Utara, yang berlanjut di Denmark.

Kecuali Heligoland, pulau-pulau tersebut terletak di Laut Wadden.

Berbeda dengan pantai Laut Utara, pantai Laut Baltik tidak dibangun dari pantai pasang surut, tetapi di bagian barat pantai fyord dan teluk dan di bagian timurnya dari pantai laguna.

Di belakang pantai Laut Utara yang datar terbentang barisan luas dan Geest Gebiete.

Bukit Utara dan Selatan dipisahkan oleh lembah glasial yang luas, seperti Elbe-Urstromtal, dan dipecah oleh sungai yang mengalir dari utara ke selatan.

Timur laut lembah glasial adalah Sanderflächen yang luas, ditunjukkan dalam warna kuning muda, dan Distrik Danau Mecklenburg.

2. Dataran rendah

Loess yang pecah dari lanskap moraine mengendap di tepi pegunungan rendah berlapis-lapis. Dalam peta, tutup loess ini diwakili oleh tanda tangan titik. Dari loess muncul tanah yang sangat subur seperti Hildesheimer dan Magdeburger Börde.

Di sebelah selatan, dataran rendah Jerman Utara mendarat di beberapa teluk yang jauh ke wilayah pegunungan rendah. Yang paling mencolok adalah Teluk Leipzig, Teluk Westphalian dan Teluk Cologne.

3. Kaki Gunung Alpen 

Kaki bukit Alpen adalah area antara tepi utara Alpen dan busur Swabia Alb, Alb Franconia, dan Hutan Bavaria, yang kira-kira merupakan wilayah antara Alpen dan Danube.

Kaki bukit alpine saat ini pada awalnya adalah cekungan lebar antara pegunungan rendah di utara dan pegunungan Alpen di selatan.

4. Black Forest

 

Ini terdiri dari beberapa hutan yang lebih besar, yang dibagi menjadi sejumlah pegunungan yang lebih kecil. Barisan pegunungan rendah diberi tanda tangan coklat di peta; Sampah yang curam juga ditandai dengan bukit. 

Pegunungan yang mencengangkan misalnya Harz, Rhön, Hutan Thuringian dan Pegunungan Ore. Di selatan, Swabia Alb, Franconian Alb dan Bavarian Forest membatasi pegunungan rendah. Titik tertinggi adalah Feldberg setinggi 1.493 meter di Hutan Hitam.

Sekian untuk ulasan tentang 4 jenis bentang alam Jerman, semoga 4 jenis bentang alam Jerman diatas bisa anda pahami dan bisa menambah wawasan anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *