Categories
Pendidikan

Mengenal Sistem Pemerintah Jerman dan Sejarah Negara Jerman

Tahukah Anda bahwa ternyata sistem pemerintahan Jerman tidak lepas dari sejarah terbentuknya negaranya, seperti dikutip dari Avana Edu.

karena negara Jerman terbentuk dari proses panjang politik negara-negara di sekitar kawasan Eropa Barat.

Salah satunya adalah Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Pada Perang Dunia I, Jerman sebagai negara kuat dibawah pengaruh Kekaisaran Jerman mempunyai peran yang amat penting. Jerman berseteru dengan

Perang Dunia ke 1 diakhiri dengan tergulingnya Kekaisaran Jerman dan pembentukan negara republik Weimar. Sistem Republik di Jerman ini kemudian memunculkan partai nazi Jerman. Nazi dipimpin Hitler kemudian merangsek menjadi penguasa Jerman.

Serta menyerukan Partai Nazi Hitler inilah yang dikenal dalam sejarah sebagai agresor di wilayah Eropa.

Hitler berkeinginan menyatukan Eropa ke dalam sebuah kekaisaran Jerman raya. Upaya Hitler ini mendapat pertentangan dari negara-negara sekitarnya. Sehingga terjadi peperangan panjang. Padahal perang panjang ini diawali dengan serbuan Jerman ke Polandia.

Jerman juga terlibat dalam perang dunia ke 2 dengan bersekutu pada Jepang dan Uni Soviet melawan sekutu.

Peperangan dunia kedua membuat Jerman kembali kalah. Dalam perjanjian pembagian hasil rampasan perang dunia kedua.

Jerman kemudian dibagi menjadi dua, jerman timur dengan paham sosialis komunis. Jerman Timur sangat tergantung dengan Uni Soviet. Sementara Jerman Barat bergantung dengan blok demokrasi liberal Amerika dan sekutunya.

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman

Pembagian Jerman Timur dan Jerman Barat ditandai dengan pembuatan tembok berlin. Pembagian ini menandai dimulainya perang dingin antara blok barat dengan blok pakta warsawa. Diantaranya adalah  Uni Soviet dan Jerman Timur yang tergabung di dalamnya.

Ketika terjadi perubahan politik di negara-negara tetangga Jerman Timur seperti Hungaria dan Uni Soviet. Kemudian terjadi peleburan Jerman Timur dan Jerman Barat menjadi satu. Yaitu republik federal Jerman.

Penyatuan keduanya merupakan konsekuensi melemahnya perang dingin antara Amerika dan USSR (Uni Soviet) saat itu. Ketika Uni Soviet mengalami kemunduran Karena adanya reformasi.

Diawali dari politik keterbukaan Joset Stalin hingga munculnya glasnost dan perestroika oleh Perdana Menteri Nikita Kruschev. Serta reformasi di sekitar Negara-negara Jerman seperti Austria dan  Hungaria.

Reformasi demokrasi ini membawa Uni soviet pecah menjadi beberapa negara bagian.  Berkurangnya pengaruh Uni Soviet di Eropa. Serta politik kebijakan Austria dan Hungaria untuk membuka perbatasan dengan Jerman.

Disusul reformasi politik di Negara-negara NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) yang memaksa Jerman untuk melakukan reunifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *