Categories
Pendidikan

Fakta Menarik Tentang Sistem Sekolah di Norwegia

Siapa yang tidak mengenal negara Norwegia yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu mempesona.

Bahkan negara ini juga dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia menurut World Happines Report dari PBB.

Menariknya lagi, negara ini juga dikenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang sistem sekolah di Norwegia yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari https://eduversity.co.id/

 

  1. Perlakuan adil terhadap siswa difabel

Siswa difabel di Norwegia tidak dianaktirikan dan tetap mendapatkan perlakukan yang adil dalam hal pendidikan.

Setiap peserta didik difabel diberi keterampilan khusus sesuai kemampuan yang bisa dikuasai. Setelah menguasai suatu keterampilan, siswa difabel tersebut sudah bisa bergabung dan sekolah di sekolah umum.

  1. Akses pendidikan yang dipermudah

Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah memberikan banyak sekali kemudahan dalam akses pendidikan.

Beberapa kebijakan tersebut seperti fasilitas yang memadai, biaya sekolah yang murah dan bahkan gratis, ketersediaan student loan untuk melatih siswa hidup mandiri, dan lain sebagainya

Bahkan siswa yang ingin melanjutkan belajarnya di negara lain pun tetap mendapatkan bantuan dari pemerintah.

  1. Menerapkan kewajiban belajar 10 tahun

Setiap anak di Norwegia diwajibkan untuk mengenyam pendidikan selama 10 tahun dan pendidikan di atasnya sebagai opsional dengan kategori sebagai berikut:

  • Wajib belajar pendidikan dasar dan menengah pertama yang berlangsung selama 10 tahun (usia 6 – 16 tahun). Anak-anak akan diberikan materi tentang pengetahuan umum, budaya, dan etika.
  • Pendidikan menengah atas (usia 16 – 19 tahun) yang fokus pada pendidikan umum dan pelatihan kejuruan dengan menyeimbangkan praktek dan teori secara berimbang.
  • Pendidikan tinggi di perguruan tinggi atau universitas.
  1. Karakteristik siswa menjadi perhatian utama

Sikap, perilaku, dan karakter siswa menjadi perhatian utama yang difokuskan dengan memberi perlakuan baik, menghargai bakat dan minat, serta mempersiapkan mereka untuk hidup mandiri.

Barometer kesuksesan masyarakat Norwegia bisa ditempuh melalui usaha-usaha yang realistis dan terukur agar memiliki tujuan yang jelas serta langkah yang konkrit.

Jenjang Pendidikan di Norwegia

Selain fakta menarik tentang sistem sekolah di Norwegia tersebut, negara ini juga memiliki jenjang tingkatan yang tidak jauh beda dengan negara-negara lainnya. berikut ini di antaranya:

  1. Pendidikan primer dan sekunder (primary and lower secondary)

Tingkatan ini ditempuh dengan pembagian kelas 1 – 7 (sekolah dasar) untuk usia 6 – 13 tahun dan kelas 8 – 10 (sekolah menengah pertama) untuk usia 13 – 16 tahun.

  1. Pendidikan menengah atas (upper secondary)

Pada tingkatan ini setiap siswa memiliki kebebasan untuk memilih pendidikan dengan kategori sebagai berikut:

  • Kejuruan atau pelatihan (yrkesfaglig opplæring) yang mengarah pada kejuruan perdangangan dan profesi serta kejuruan lainnya.
  • Studi umum (studieforberedende opplæring) yang lebih berfokus untuk memberikan bimbingan agar bisa masuk kualifikasi pendidikan tinggi.
  1. Folk High School

Jenjang pendidikan ini berlangsung pada tahun transisi antara masa pendidikan sekolah menengah pertama dan menengah ke atas.

Setiap siswa bisa memilih apakan ingin berlibur atau beristirahat sejenak untuk mempersiapkan pendidikan selanjutnya dan kesempatan kerja. Folk high school biasanya dijalankan oleh organisasi swasta atau yayasan serta otoritas daerah dan kotapraja.

  1. Pendidikan Kejuruan

Pada tingkatan ini siswa akan diberikan kursus singkat di tingkat tersier untuk menambah skill atau kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

  1. Perguruan tinggi (universitas)

Negara ini memiliki total 7 universitas, 36 perguruan tinggi, dan 9 lembaga universitas khusus.

Untuk mengikuti pendidikan pada jenjang ini pemerintah memberikan program pendidikan gratis untuk pendidikan khusus dan pendidikan profesional tertentu.

Mengetahui sistem sekolah di Norwegia tersebut, maka tidak heran jika negara ini disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *