Categories
Parenting

Pindah Dokter, Benarkah Sulit? Bag4

Paling mudah, sesuai peraturan di atas, Papa sebagai suami Mama, boleh mewakili Mama mengurus rekam medis dari dokter yang pertama untuk diberikan kepada dokter yang baru. Kalau Papa juga berhalangan, minta tolong kepada ayah dan ibu kandung Mama atau saudara kandung Mama, ya. Bagaimana jika rumah sakit atau dokter menolak memberikan ringkasan isi rekam medis? Duh, jangan sampai ini terjadi, ya, Ma. Kebanyakan dokter akan memberikan dengan sukarela. Tapi, jika tidak diberikan, tetaplah berusaha memintanya dengan cara kekeluargaan.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Jika cara kekeluargaan tidak berhasil, langkah paling “buruk” yang dapat ditempuh adalah menggugat dan/atau menuntut Rumah Sakit, baik secara perdata maupun pidana (lihat UU Praktik Kedokteran Pasal 32 huruf q). Bisa juga dengan mengeluhkan pelayanan RS yang tidak sesuai dengan standar pelayanan, melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan (lihat Pasal 32 huruf r).

Selain itu, pasien atau keluarganya juga dapat mengajukan gugatan kepada pelaku usaha, kepada lembaga yang secara khusus berwenang menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha (lihat Pasal 45 UU Perlindungan Konsumen). Tapi, mudah-mudahan jangan sampai ada acara gugat-menggugat, ya, Ma. Selain akan menghabiskan tenaga dan waktu, pasti juga akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Yakin saja, dengan cara kekeluargaan dan komunikasi yang baik. Tidak ada yang bisa melarang Mama untuk pindah dokter. Namun, dokter juga punya hak menolak pasien, kecuali pasien dalam keadaan darurat medis. Mama boleh dan berhak tahu isi rekam medis yang dibuat oleh dokter. Mama juga boleh meng-copy dan mencatatnya, serta mendapatkan ringkasannya.

Sinta Sari (26 Week) Yang Penting Tidak Bikin Gatel Dan Panas ”Semenjak hamil sering kali aku merasa gerah sampai-sampai merasakan gatal setiap kali berkeringat. Saat memilih pakaian dalam, aku termasuk tipe pemilih karena kalau salah-salah memakai pakaian dalam yang sempit dan terlalu ketat, akan semakin memperparah rasa gatal. Aku juga sangat menghindari pakaian dalam yang membuat sesak, karena akan membuat pernapasanku enggak nyaman.”

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *